Sekilas mengenai Ibadah Haji

Diposting oleh Zaen on Senin, 19 November 2012

Ongkos haji kali ini akan memberikan sedikit wawasan tentang sekilas mengenai ibadah haji. Ibada haji merupakan salah satu rukun islam yang kelima yang diwajibkan bagi setiap umat muslim di seluruh penjuru dunia untuk melaksanakannya bagi yang mampu.

Makna mampu disini bukan berarti sekedar mereka yang memiliki cukup materi (harta,tahta dll), namun faktor kemampuan rohani dan jasmani juga dipertimbangkan. mari kita lihat umat muslim disekeliling kita, berapa banyak orang yang memiliki rumah yang sangat mewah dan mobil yang berlebihan, tetapi tidak sedikit dari mereka yang belum menyempurnakan rukun islam yang kelima ini.?

Kita kembali kepada point utama sekilas ibadah haji. Arti kata Haji berasal dari Hajj, yang artinya adalah ziarah atau mengunjungi baitullah (Ka'bah),


Melaksanakan ibadah haji merupakan bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia yang mampu (material, fisik, dan keilmuan) dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada suatu waktu yang dikenal sebagai musim haji (bulan Zulhijah). Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu.

Kegiatan inti ibadah haji dimulai pada tanggal 8 Zulhijah ketika umat Islam bermalam di Mina, wukuf (berdiam diri) di Padang Arafah pada tanggal 9 Zulhijah, dan berakhir setelah melempar jumrah (melempar batu simbolisasi setan) pada tanggal 10 Zulhijah. Masyarakat Indonesia lazim juga menyebut hari raya Idul Adha sebagai Hari Raya Haji karena bersamaan dengan perayaan ibadah haji ini.

Demikian sekilas mengenai Ibadah haji. pada pembahasan selanjutnya ongkos haji akan memaparkan tentang syarat dan rukun ibadah haji. Jika ingin mengetahui info Travel haji Khusus ONH Plus dan Umrah bisa membuka referensi dan Blog TravelHajiUmroh.Web.Id.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar