Bulan haji tinggal sebentar lagi kesehatan pisik harus di jaga

Diposting oleh Unknown on Kamis, 21 Februari 2013

Jakarta (Sinhat)-- Musim haji memang masih beberapa bulan lagi, tapi tak ada salahnya bagi Anda para calon haji menjaga kesehatan sejak sekarang. Jika tak terbiasa menjaga kesehatan, bisa jadi ibadah haji menjadi tidak maksimal.

"Pertama, para calon haji harus menjaga kesehatan," kata Dr dr Iris Rengganis, Sp.PD-KAI dalam acara seminar Nyaman Berwisata, Lindungi Diri dengan Vaksinasi di Energy Cafe, Energy Building Lt Mezzanine, SCBD, Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Cara menjaga kesehatan bisa dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tetap menjaga vitalitas fisik. Adapun makanan yang dianjurkan agar tubuh lebih sehat antara lain sayuran, buah, ikan dan daging.

Buah dan sayur akan membantu tubuh memasok antioksidan dan bioflavonoid. Sedangkan khusus jeruk atau lemon, bisa memberi resistan terhadap infeksi yang berasal dari kuman dan penyakit.

Calon haji juga harus meningkatkan sistem imun dengan olahraga dan vaksin. Vaksinasi yang dibutuhkan calon jamaah antara lain vaksinasi meningitis, influenza dan pneumonia.

Vaksinasi paling baik dilakukan maksimal 2 minggu sebelum perjalanan. Karena pembentukan antibodi akan membutuhkan waktu sekitar 14 hari. Setelah itu, antibodi dari vaksin tersebut akan aktif selama 3 tahun.

Calon jamaah biasanya diwajibkan untuk divaksin meningitis. Tapi tak ada salahnya jika ingin melakukan vaksin influenza dan pneumonia. Nah vaksin pneumonia ini dianjurkan diambil oleh calon haji berusia 50 tahun.(detik)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar